Rabu, 07 November 2012

Proses Pinjaman

Diantara anda mungkin ada yang bertanya dalam hati bagaimana sih proses pinjaman di CU Tyas Manunggal, lama atau tidak, ribet atau tidak, murah atau mahal mungkin pertanyaan - pertanyaan seperti itu yang lazim terlintas oleh kita saat akan mengajukan pinjaman.

Disini saya coba jelaskan Proses pinjaman dari pengajuan sampai terjadinya pencairan pinjaman. Kurang lebih seperti ini alurnya :
Pemohon atau anggota CUTM datang ke kantor CUTM untuk mengambil Formulir pinjaman atau bisa juga download DISINI. Formulir ini terdiri dari 2 lembar yang pertama adalah data diri anggota dan lembar kedua adalah Anggaran Pendapatan Belanja Keluarga, kemudian mengisi formulir pengajuan secara lengkap, meminta tanda tangan penjamin ke 2 (dua) orang anggota aktif dan melengkapi persyaratan pengajuan antara lain : Foto kopi KTP suami istri, KK, Buku Anggota dan Foto kopi Agunan jika memakai jaminan. Dari berkas diterima hingga pencairan maksimal 3hari untuk pengajuan yang tidak memakai agunan, dan maksimal 1minggu untuk yang memakai agunan. 

Lembaga akan melakukan kunjungan survey bila dirasa perlu untuk verifikasi database yang diberikan, melihat usaha anggota untuk menentukan kelayakannya. Usaha ataupun agunan yang diberikan akan difoto dan Agunan akan diperiksa kondisi barang jaminan (motor,mobil tanah dll ). Saat survey anggota wajib memberikan data yang sebenar-benarnya dan petugas survey tidak berhak memberikan atau menentukan apakah pengajuan tsb dikabulkan atau tidak karena ada bagian analys yang akan memberikan hasilnya.
Kemudian anggota tinggal menunggu saja hasilnya yang akan diberitahukan melalui telp atau sms apakah dikabulkan atau ditolak. Tentunya hasil tersebut sudah dianalisa berdasarkan database anggota dan berbagai pertimbangan. Dan hargailah keputusan karena mengambil keputusan kelayakan pinjaman  tidaklah mudah dan perlu diperhatikan bahwa uang yang dipinjamkan adalah uangnya orang banyak, amanah dari anggota yang harus dijaga dengan sunguh-sungguh dan penuh kehati-hatian karena kredit adalah jantung dari sebuah lembaga keuangan.

Sedangkan untuk pengajuan pinjaman dibawah saldo simpanan atau pinjaman yang diajukan untuk disimpan kembali maka prosesnya lebih mudah. Anggota datang ke kantor, mengisi formulir, Staf akan memverifikasi nilai simpanan yang dimiliki,wawancara dan saat itu juga pencairan bisa dilakukan. 

Untuk informasi suku bunga pinjaman bisa dilihat disini.

Demikian secara umum proses pinjaman di CU Tyas Manunggal,


2 komentar:

MOHON KOMENTARNYA BERHUBUNGAN DENGAN ARTIKEL YANG ADA.